Mengunakan Shared Folder Pada Virtual PC



Akhir-akhir ini cukup banyak yang menanyakan kepada saya mengenai apakah media pertukaran data yang paling mudah antara PC dengan VPC? VPC sudah menyediakan suatu program yang namanya Virtual Machine Additions. Idenya adalah sebagai berikut, VPC yang dianggap sebagai testbed tentu memerlukan paket-paket instalasi yang berasal dari host. Daripada mengcopy semua file instalasi ke dalam VPC yang tentu saja hanya akan membuat ukuran Virtual Harddisk menjadi membengkak, kita bisa membiarkan file-file instalasi tetap pada suatu folder yang dapat diakses oleh VPC.



Adapun seringkali banyak yang lupa menginstallnya sehingga tidak bisa mengaktifkan failitas sharing folder antara PC dengan VPC. Untuk menginstallnya lakukan langakah berikut:



* Jalankan OS pada VPC, tunggu hingga masuk ke dalam desktop.

* Pada menu bar jendela VPC yang aktif pilih Action --> Install or Update Virtual Machine Additions.

* Tunggu instalasi hingga selesai kemudian restartlah VPC tersebut.

Virtual Machine Additions Installations



Virtual Machine Additions Installations



Setelah anda merestart VPC tersebut jangan lupa untuk melakukan beberapa parameter setting. Untuk yang satu ini lakukan langkah-langkah berikut:



* Dalam keadaan VPC masih aktif, pada jendela Virtual PC Console, sorot VPC yang ingin diubah settingnya dan tekan tombol Settings.

* Pilihlah folder pada host yang ingin agar dapat diakses ke oleh VPC dan tekan OK.

* Lihat pada explorer VPC apakah folder yang dishare sudah terdeteksi.

Virtual Machine Additions Settings



Virtual Machine Additions Settings



Sekedar catatan, bila anda menjalanka antivirus pada VPC, performa shared folder akan menurun cukup drastis karena antivirus vpc akan menscan semua paket data yang dijalankan. Bila anda ingin melakukan instalasi dan yakin file instalasi tersebut bersih, lebih baik nonaktifkan dulu program antivirus pada VPC.



Selamat mencoba!
 
(sumber http://mugi.or.id/blogs/david/archive/2008/10/21/menggunakan-shared-folder-antara-pc-dengan-vpc.aspx)

Post a Comment